Bahas SIngkat Tentang Kapasitor

Bahas SIngkat Tentang Kapasitor - Hallo sahabat Gaptek buat yang gagap teknologi, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Bahas SIngkat Tentang Kapasitor, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Artikel, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Bahas SIngkat Tentang Kapasitor
link : Bahas SIngkat Tentang Kapasitor

Baca juga


Bahas SIngkat Tentang Kapasitor


Kapasitor adalah komponen elektronik yang dapat menyimpan muatan. Kemampuan itu disebut nilai kapasitansi. Kapasitansi kapasitor akan menetukan seberapa besar muatan yang bisa tersimpan pada kapasitor untuk satu beda potensial tertentu yang diberikan pada kapasitor tersebut. sehingga kapasitansi kapasitor sering diartikan juga sebagai ukuran daya tampung muatan dalam sebuah kapasitor. Kapasitor dikatakn dalam keadaan kosong apabila tidak ada muatan yang terdapat di antara keedua penghantarnya. Hubungan antara kapasitansi, muatan dan juga tegangan dapat dirumuskan secara matematis sebagai:

Q= C. V, dengan C adalah kapasitansi kapasitotr (F)

Tegangan pada kapasitor V adalah pebedaan potensial di antara penghantar-penghantar tersebut, bukan potensial masing-masing penghantar, sedangkan tegangan maksimal yang dapat dialirkan kapasitor disebut tegangan break, sehingga bila tegangan yang diberikan melebihi tegangan break suatu kapasitor maka kapasitor akan rusak. 

Pengisian kapasitor adalah pemberian muatan pada kapasitor dengan merangkaikannya pada sumber tegangan searah (DC). Pada saat t=0 (saklar B terbuka ), kapasitor belum terisi muatan sehingga beda potensial di antara kedua ujung kapasitor tersbut sama dengan nol. Setelah saklar ditutup, arus mengalir  dari baterai dan secara perlahan mengisi kapasitor. Muatan yang mengisi kapasitor akan menyebabkan timbulnya beda potensial di kedua ujung kapasitor.

Karena kapasitor terisi muatan maka Vc akan membesar, Jika Vc membesar maka V=E-Vc akan mengecil, dan arus akan menurun seiring waktu. Jika arus mengecil, berarti muatan yang masuk ke dalam kapasitor semakin sedikit. Dalam pengamatan tegangan pada kapasitor, akan nampak bahwa peningkatan tegangan  pada kapasitor mengalami perlambatan. Proses ini disebut sebagai proses menuju kejenuhan. Gejala kejenuhan  ditandai dengan Vc=E, I=0, dan muatan pada kapasitor sudah tidak dapat bertambah lagi.


Demikianlah Artikel Bahas SIngkat Tentang Kapasitor

Sekianlah artikel Bahas SIngkat Tentang Kapasitor kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Bahas SIngkat Tentang Kapasitor dengan alamat link https://gaptek-solusion.blogspot.com/2015/03/bahas-singkat-tentang-kapasitor.html

0 Response to "Bahas SIngkat Tentang Kapasitor"

Posting Komentar