Mengenal Arti "Green Campus"

Mengenal Arti "Green Campus" - Hallo sahabat Gaptek buat yang gagap teknologi, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mengenal Arti "Green Campus", kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Artikel, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Mengenal Arti "Green Campus"
link : Mengenal Arti "Green Campus"

Baca juga


Mengenal Arti "Green Campus"


Dewasa ini perkembangan teknologi berjalan begitu cepat dalam berbagai sisi kehidupan. Perkembangan teknologi membuaat manusia lebih mudah mengerjakan suatu pekerjaan. Pada walnya manusia harus bersusah payah mengerjakan suatu hal kini mereka semakin mudah mengerjakan pekerjaan dengan bantuan teknologi canggih. Namun begitu pesatnya teknologi saat ini terkadang manusia lupa kesadaran akan lingkungan yang mereka pijak. Padahal lingkungan sangat berpengaruh pada kelangsungan hidup manusia itu sendiri. Terlebih lagi apabila kita tinggal di daerah tropis dengan sejuta pesona biotik yang dimiliki oleh daerah tropis, rusak akibat dari kemajuan teknologi. Indonesia misalnya.

Indonesia adalah Negara yang memiliki wilayah hutan yang sangat luas, hal ini terbukti dengan statistik tahun 2005 yang menempatkan Indonesia sebagai Negara dengan hutan terluas di dunia, yaitu pada urutan ke-8 yaitu dengan luas area 847,522 Km2. Oleh karena itu untuk menjaga dan melestarikan hutan yang berada di kawasan Negara Indonesia, diperlukan sebuah alat atau program yang mampu menumbuhkan sikap cinta  terhadap alam Indonesia.

Untuk menumbuhkan hal tersebut membutuhkan proses dari yang terkecil sampai yang terbesar, seperti halnya diterapkan pada sekolah-sekolah dan universitas yang ada di Indonesia. untuk di sekolah dasar atau sekolah menengah biasanya belum banyak program yang mengajarkan hal tersebut, hanya dalam bentuk penyampaian untuk menjaga lingkungan sekitar. Beda halnya dengan di tingkat Universitas. Banyak sekali program yang dapat mengajarkan hal ini, salah satunya adalah 
Green Campus.

Green campus, yag berarti Kampus Hijau memiliki makna yang luas "Green atau dengan sebuta "Green Leaves" sering diartikan generasi muda Indonesia adalah bibit-bibit unggul yang masih hijau dan green campus berpotensi melahirkan generasi pribadi yang matang dan berguna bagi bangsa dan negara. "Green" dalam konteks "Green Power" berarti finansial. Green campus sebagai kampus yang dapat  memberikan power untuk menopang seluruh aktifitas perkuliahan bertujuan menciptakan pribadi raharja yang dapat mandiri secara finansial (financially independent).

saat kita berbicara tentang green campus, sebenarnya persoalan yang dihadapi oleh seluruh civitas akademika bukan hanya tentang bagaimana cara agar kampus sebagai tempat belajar mahasiswa menjadi hijau bersih dan nyaman. Bukan juga tentang seberapa menguntungkan jika kebijakan green campus dilaksanakan untuk menarik para mahasiswa baru dan memperoleh berbagai penghargaan nasional maupun Internasional dari kebijakan itu karena sudah ikut berpartisipasi dalam isu-isu Internasional. Persoalan green campus adalah persoalan moral . Mengapa? karena persoalan green campus nantinya akan mempunyai konsekuensi atis, seperti "mengapa itu dilarang, dan mengapa itu dilakukan?, "mengapa itu baik, dan mengapa itu buruk untuk dilakukan"?

Persoalan yang sudah disebutkan mengindikasikan perlunya sebuah landasan moral dalam wacan green campus. sebuah landasan yang bisa dijadikan prinsip bagi seluruh civitas akdemika bahwa persoalan green campus bukan hanya sekedar persoalan praktis, tetapi juga persoalan yang berhubungan denga kewajiban kita sebagai manusia yang berada di dunia.

Jadi landasan moral Green Campus adalah dalam kenyataannya manusia adalah bagian dari alam.


Demikianlah Artikel Mengenal Arti "Green Campus"

Sekianlah artikel Mengenal Arti "Green Campus" kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Mengenal Arti "Green Campus" dengan alamat link https://gaptek-solusion.blogspot.com/2015/03/mengenal-arti-campus.html

0 Response to "Mengenal Arti "Green Campus""

Posting Komentar