Mengenal Sistem Komputer

Mengenal Sistem Komputer - Hallo sahabat Gaptek buat yang gagap teknologi, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mengenal Sistem Komputer, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Teknologi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Mengenal Sistem Komputer
link : Mengenal Sistem Komputer

Baca juga


Mengenal Sistem Komputer


Sistem komputer merupakan suatu bagian-bagian jaringan elektronik yang menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Perlu diketahui sistem komputer terdiri dari tiga bagian yaitu Hardware (Perangkat Keras), Software (Perangkat Lunak), dan Brainware.

Hardware merupakan peralatan fisik dari komputer itu sendiri. Peralatan yang secara fisik dapat dilihat, dipegang, atau dipindahkan. Dalam hardware terdapat tiga bentuk proses yang dapat dijalankan yakni:
  • Input merupakan proses memasukkan data ke dalam proses komputer melalui alat input (input device)
  • Processing merupakan proses pengolahan data dengan alat pemroses (processing device) yang berupa proses menghitung, membandingkan, mengklasifikasikan, mengendalikan, mengurutkan, atau mencari di storage.
  • Output merupakan proses yang berupa hasil dari pengolahan data dengan menggunakan output device. Di mana hasil yang dikeluarkan berupa informasi.
Software ialah data elektronik yang berupa prosedur pengoperasian yang ada dalam komputer itu sendiri ataupun berbagai prosedur dalam proses data yang telah ditetapkan sebelumnya. Dalam software itu sendiri terdapat dua bagian yaitu Sistem Operasi (OS) dan Program Aplikasi.
  • Sistem Operasi atau Operation System merupakan jenis software yang bertugas mengendalikan dan mengkoordinasikan penggunaan hardware untuk berbagai aplikasi untuk bermacam-macam pengguna.
  • Program Aplikasi ialah jenis software yang menetapkan bagaimana sumber daya digunakan untuk menyelesaikan user.
Brainware adalah orang yang bekerja secara langsung untuk mengendalikan jalannya suatu proses dari hardware dan software dengan menggunakan komputer sebagai alat bantu atau orang yang tidak bekerja secara langsung dengan komputer tetapi menerima hasil proses dari komputer melalui laporan. Brainware terdiri atas tiga jenis yaitu, System Analyst, Programmer, dan Operator.
  • System Analyst merupakan orang yang bertugas mempelajari, menganalisa, merancang, dan membentuk suatu system/ prosedur pengolahan data secara elektronik berdasarkan aplikasi yang dipesan oleh pemakai jasa komputer.
  • Programmer merupakan orang yang bertugas dalam proses data programming berdasarkan program spesialisasi.
  • Operator adalah orang yang bertugas dalam mempersiapkan komputer untuk melakukan suatu proses, mulai dari menghidupkan komputer hingga komputer itu dimatikan.


Demikianlah Artikel Mengenal Sistem Komputer

Sekianlah artikel Mengenal Sistem Komputer kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Mengenal Sistem Komputer dengan alamat link https://gaptek-solusion.blogspot.com/2015/03/mengenal-sistem-komputer.html

0 Response to "Mengenal Sistem Komputer"

Posting Komentar